SISTEM INFORMASI MANAGEMEN UNTUK
RENTAL VCD
Disusun Oleh :
1. Gabriel Stevano (09201517)
2. Hari Budi Cahyono (09201521)
SEKOLAH TINGGI MANEJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
STMIK – STIE ASIA MALANG 2010-2011
Kata Pengantar
Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat dan rahmat-Nya kami dapatkan menyelesaikan makalah ini sesuai dengan harapan penulis. Dalam makalah ini penulis akan membahas mengenai ” Studi Kasus Sistem Manajemen pada VCD/DVD Rental”.
Makalah ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Sistem Informasi Manajemen dan memperdalam pengetahuan tim penulis mengenai mata kuliah Sistem Informasi Manajemen. Dalam proses pendalaman materi dan pembuatan makalah, penulis mendapatkan bimbingan,koreksi dan arahan . Untuk hal ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada :
• Bapak Alex Endy Budianto, S.Kom, M.M., selaku dosen mata kuliah “Sistem Informasi Manajemen”
• Rekan-rekan mahasiwa yang telah banyak memberikan masukan untuk makalah ini.
Makalah ini tentunya tidak sepenuhnya sempurna, oleh karena itu kritik dan saran sangat saya harapkan. Demikian makalah ini saya buat semoga bermanfaat.
Malang, 01 Juni 2011
Tim Penulis
Daftar Isi
Kata Pengantar 2
BAB I 5
PENDAHULUAN 5
1.1 Latar belakang 5
1.2 Maksud dan Tujuan 5
1.3 Metode peneletian 5
1.4 Ruang Lingkup 6
1.5 Sistematika penulisan 6
BAB II 7
LANDASAN TEORI 7
2.1 Konsep Dasar Sistem 7
2.2 Konsep Dasar Sistem Informasi 7
2.3 Komponen Sistem Informasi 8
BAB III 9
PEMBAHASAN MASALAH 9
3.1 Model umum sistem 9
3.2 Klasifikasi sistem 10
3.3 Komponen sistem informasi 10
3.4 Model blok 12
3.5 Teknologi blok 14
3.6 Input blok 14
3.7 Output blok 15
3.8 Kendali blok 15
3.9 Database blok 15
3.10 Perangkat sistem informasi 16
3.11 Struktur Organisasi 17
3.12 Context Diagram 18
Pengolahan Data Laporan 20
3.13 Implementasi Program / Lay Out 21
BAB IV 23
PENUTUP 23
4.1 Kesimpulan 23
4.2 Saran 23
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Dunia entertainment tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Masyarakatpun sudah memiliki perangkat/fasilitas entertainment yang bermacam-macam. Mulai dari fasilitas yang berkelas low-end sampai dengan high-end. Menonton film termasuk dalam dunia entertainment yang banyak diminati, tidak heran apabila pasar bagi dunia perfilman tidak pernah habis. Film-film lokal, holywood, atau box office, mandarin dan bolywood tidak pernah kehabisan produksi. Akibatnya, banyak kita temukan bisnis “VCD/DVD Rental” yang menyewakan film-film tersebut dimana-mana. Penulis ingin membahas mengenai “Studi Kasus Sistem Manajemen pada VCD/DVD Rental”. Hal ini mulai dari input apa saja yang dibutuhkan sistem hingga feedback yang didapat dari pengaplikasian sistem tersebut.
1.2 Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dari penulisan makalah mengenai “Studi Kasus Sistem Manajemen pada VCD/DVD Rental” ini antara lain :
1. Mengetahui bagaimana proses peminjaman dan pengembalian pada VCD/DVD Rental.
2. Mengetahui bagaimana mekanisme sistem peminjaman dan pengembalian pada VCD/DVD Rental.
Sedangkan tujuan pembuatan makalah ini adalah :
1. Untuk memenuhi tugas Ujian Tengah Semester (UTS) Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen.
1.3 Metode peneletian
Dalam melakukan penulisan tugas akhir ini guna memperoleh data-data yang dibutuhkan, Penulis menggunakan metode sebagai berikut :
1. Observasi.
Yaitu mengumpulkan data dengan cara mengamati dan meneliti secara langsung dilapangan, untuk melihat lebih dekat kegiatan-kegiatan yang dilakukan.
2. Wawancara.
Yaitu mengadakan wawancara atau tanya jawab secara langsung dengan pihak-pihak yang mengerti mengenai masalah yang akan dibahas.
1.4 Ruang Lingkup
Dalam makalah ini kami akan membahas tentang beberapa aspek yang berkaitan dengan proses persewaan VCD/DVD pada VCD/DVD Rental, antara lain :
1. Apa konsep dasar dari sistem?
2. Apa pengertian Sistem Informasi Manajeman?
3. Bagaimana model umum sistem persewaan VCD/DVD pada VCD/DVD Rental ?
4. Contoh simulasi prosedur penyewaan VCD/DVD Rental
1.5 Sistematika penulisan
Pembahasan makalah ini dibagi kedalam beberapa BAB untuk mempermudah didalam pembahasan sistem. Tiap-tiap bab masih merupakan satu kesatuan dengan perincian sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini penulis akan menguraikan dan menjelaskan secara umum, maksud dan tujuan, metode penelitian, ruang lingkup permasalahan, dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab penulis ini akan menguraikan mengenai teori-teori yang mendasari permasalahan yang akan disampaikan yang berhubungan dengan penerapan konsep akuntansi dalam sistem tersebut, dan menguraikan tentang peralatan pendukung yang menjelaskan tentang peralatan perancang sistem secara teoritis.
BAB III PEMBAHASAN
Pada bab ini penulis akan memberikan yang terdiri dari dokumen masukan dan dokumen keluaran, spesifikasi file, struktur kode, spesifikasi program, dan juga permasalahan pokok serta alternatif pemecahan masalah.
BAB V PENUTUP
Pada bab ini memuat kesimpulan yang di dapat dari keseluruhan pembahasan tugas akhir serta saran-saran yang dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi permasalah yang dihadapi.
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Konsep Dasar Sistem
Teori sistem melahirkan konsep-konsep futuristik seperti sibernetika (cybernetics), konsep yang berkaitan dengan upaya-upaya untuk menerapkan berbagai disiplin ilmu prilaku, fisika, biologi dan teknik. Unsur-unsur yang mewakili suatu sistem secara umum adalah masukan (input), pengolahan (processing) dan keluaran (output). Disamping itu suatu sistem senantiasa tidak terlepas dari lingkungan sekitarnya. Maka umpan balik (feek back) dapat berasal dari output atau dari lingkungan sistem yang dimaksud.
Terdapat dua kelompok pendekatan di dalam mendefinisikan sistem, yaitu yang menekankan pada prosedurnya dan yang menekankan pada komponen atau elemennya.
Menurut Jogianto H.M dalam buku Analisis dan Desain, hal: 1. Pendekatan sistem yang lebih menekankan pada prosedur di definisikan sebagai berikut :
“ Suatu sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu “.
Sedangkan pendekatan sistem yang lebih menekankan pada elemen atau komponennya didefinisikan sistem sebagai berikut :
“ Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan “.
2.2 Konsep Dasar Sistem Informasi
Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Bila istilah sistem dan informasi digabung menjadi sistem informasi, maka “Sistem informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi bagi semua tingkatan dalam organisasi tersebut kapan saja diperlukan”.
Sistem ini menyimpan, mengambil, mengubah, mengolah dan mengkomuni kasikan informasi yang diterima dengan menggunakan sistem informasi atau peralatan sistem lainnya.
2.3 Komponen Sistem Informasi
Sistem Informasi terdiri dari komponen-komponen yang disebut dengan blok bangunan (building block), yaitu:
• Blok Masukan (Input block), adalah data-data yang masuk ke dalam sistem
• Blok Model (Model block), adalah kombinasi prosedur, logika dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
• Blok Keluaran (Output block), adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem
• Blok Teknologi (Technology block), merupakan kotak alat dalam sistem informasi, yang digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran serta membantu pengendalian dari sistem secara menyeluruh.
• Blok Basis Data (Database block), merupakan kompulan dari data yang saling berhubungan satu sama lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.
• Blok Kendali (Control block), adalah pengendalian yang dirancang secara khusus untuk menangulangi gangguan-gangguan terhadap sistem.
Sebagai suatu sistem, keenam blok tersebut masing-masing saling berinteraksi satu sama lainnya membentuk suatu kesatuan untuk mencapai sasaran.
BAB III
PEMBAHASAN MASALAH
3.1 Model umum sistem
Model umum system yang akan digunakan dalam penggambaran sistem Rental VCD/DVD adalah sebagai berikut :
Gambar 1 : Diagram model umum sistem.
Penjelasan Model Sistem :
1. INPUT :
Input yang dibutuhkan dalam pengoperasian sistem yaitu :
a. Nomor Member Pelanggan atau Identitas Pelanggan
b. Jumlah dan Judul VCD/DVD yang disewa
2. PROSES :
PROSES PENGHITUNGAN BIAYA SEWA/DENDA KETERLAMBATAN VCD/DVD
3. OUTPUT :
a. Biaya Sewa
b. Denda Keterlambatan
c. Lama Sewa
d. Rincian Peminjaman
4. TUJUAN :
a. Efisiensi dan Efektivitas kinerja VCD/DVD Rental
b. Pelayanan yang cepat dan akurat kepada pelanggan
5. UMPAN BALIK :
Dengan adanya sistem penyewaan VCD/DVD Rental ini, maka pelanggan mendapatkan keuntungan sebagai berikut :
a. Mengetahui informasi mengenai judul film apa saja yang tersedia ataupun tidak tersedia.
b. Proses penyewaan yang efektif dan efisien.
6. KENDALA :
a. Pelanggan yang sudah habis masa sewanya tidak kunjung mengembalikan VCD/DVD
b. Kartu member yang hilang, sehingga kami harus memeriksa kembali data member.
c. Kepingan VCD/DVD yang rusak setelah disewa oleh pelanggan
7. KONTROL :
a. Memberikan tata tertib persewaan VCD/DVD yang harus dipatuhi oleh pelanggan dan tata tertib tersebut tidak memberatkan pelanggan untuk mematuhinya.
b. Penggantian keping VCD/DVD yang rusak apabila terjadi kerusakan (patah,goresan) atau hilang.
c. Kartu Identitas yang berlaku sebagai jaminan terhadap peminjaman VCD/DVD, dapat berupa SIM(Surat Ijin Mengemudi) atau KTP(Kartu Tanda Penduduk)
3.2 Klasifikasi sistem
Klasifikasi sistem terbagi 2, yaitu :
1. Sistem alamiah (natural system) dan sistem buatan manusia (human made system).
2. Sistem tertutup (closed system) dan sistem terbuka (open system).
Dan jenis system yang digunakan dalam system pembayaran listrik online ini masuk dalam klasifikasi system buatan manusia (human made system) dan system tertutup.
3.3 Komponen sistem informasi
1. INPUT :
a. Nomor member pelanggan/Identitas Pelanggan
Berisikan nomor keanggotan pelanggan yang menyatakan bahwa pelanggan tersebut adalah anggota yang sah, atau berupa Identitas pelanggan peminjam sesuai dengan Kartu Identitas yang berlaku, berupa KTP(Kartu Tanda Penduduk) atau SIM(Surat Izin Mengemudi).
b. Jumlah dan Judul VCD/DVD yang disewa
Rincian banyaknya VCD/DVD yang disewa beserta judulnya.
2. MODEL
Sistem Informasi menggunakan sistem database lokal.
3. OUTPUT
Output yang diterima pelanggan adalah print out yang berisi rincian peminjaman atau pengembalian VCD/DVD dengan rincian sebagai berikut :
• Nomor Member/Keanggotaan atau Nama Pelanggan
• Nama Petugas yang sedang bertugas
• Banyaknya VCD/DVD yang dipinjam atau yang dikembalikan
• Judul VCD/DVD yang dipinjam atau yang dikembalikan
• Biaya Peminjaman/Denda Keterlambatan
Simulasi Peminjaman VCD/DVD adalah sebagai berikut :
Status : Peminjaman 08 November 2009
Nama Petugas : John Smith
Nomor Pelanggan/Nama Pelanggan : Andrew Smith
Jumlah VCD/DVD Judul VCD/DVD SubTotal
1 Pirates of Carribean : at World’s End 3.000
Total 3.000
Jumlah Bayar 5.000
Kembali 2.000
4. TEKNOLOGI
Teknologi yang digunakan dalam system pembayaran listrik on line ini adalah :
• Teknologi Jaringan, sebagai media komunikasi antara komputer server dengan komputer clien, melalui teknologi internet.
• Teknologi Komputer, sebagai media untuk pengaksesan internet dan tempat penginstalan program pembayaran listrik secara on line.
• Teknologi Bahasa Pemrograman, digunakan sebagai media untuk membuat sistem yang telah dirancang.
5. DATABASE
Database yang digunakan adalah sistem database komputer server pada LAN(Local Area Network).
6. KONTROL
Sistem pengontrolan pada loket pembayaran on line adalah sebagai berikut :
• Input data/entri data pelanggan yang akan meminjam, yaitu nomor member pelanggan.
• Melakukan proses penghitungan,
• dan yang terakhir adalah melakukan proses pencetakan print out bukti peminjaman atau pengembalian VCD/DVD.
3.4 Model blok
1. PROSEDUR
Pelanggan datang untuk meminjam atau mengembalikan VCD/DVD.
Jika pelanggan ingin datang untuk mengembalikan, maka pelanggan membawa VCD/DVD yang dipinjam kepada petugas counter pengembalian.
Petugas counter melakukan pengecekan VCD/DVD (kerusakan atau kehilangan) serta mengecek apakah pelanggan dikenai denda atau tidak.
Apabila pelanggan adalah bukan member, maka petugas mengembalikan kartu identitas pelanggan yang digunakan sebagai jaminan peminjaman.
Jika pelanggan datang untuk meminjam VCD/DVD, maka pelanggan dipersilahkan untuk memilih judul VCD/DVD yang dipinjam.
Pelanggan datang kepada Petugas counter peminjaman dan menyerahkan daftar judul film yang akan dipinjam.
Selanjutnya petugas mengecek apakah pelanggan merupakan member atau bukan. Jika bukan maka petugas akan meminta untuk meninggalkan kartu identitas milik peminjam sebagai jaminan. Jika pelanggan merupakan member, petugas akan meminta peminjam untuk mengetikan pin pelanggan pada numpad numeric keyboard.
Pelanggan melakukan pembayaran dan menerima bukti pembayaran berupa struk pembayaran.
2. LOGIKA
3. MODEL MATEMATIKA
Kami menyediakan layanan sebagai berikut :
Jenis Layanan Harga Sewa
Sewa VCD per film Rp 3.000,00
Sewa DVD per film Rp 5.000,00
Sewa VCD per 3 film Rp 10.000,00
Sewa VCD per 5 film* Rp 15.000,00
Keterangan:
*) Pelanggan dapat melakukan pendaftaran member jika melakukan peminjaman seharga paket tersebut. Apabila pelanggan mengembalikan semua VCD yang dipinjam pada hari berikutnya maka pelanggan mendapatkan point : 1 point untuk peminjaman setiap VCD Most Wanted, dan akan diberikan peminjaman gratis sebanyak point yang ada untuk VCD tanpa label
Adapun kami mengklasifikasikan DVD/VCD menjadi 4 :
• Most Wanted Movie (Peminjaman 1 hari).
• Great Movie (Peminjaman 2 hari).
• Old Good Movie (Peminjaman 3 hari).
3.5 Teknologi blok
1. MENERIMA INPUT
Menerima inputan yang akan di proses.
2. MENJALANKAN MODEL
Lalu menjalankan prosedur pembayaran(peminjaman/pengembalian) menggunakan software yang telah di buat.
3. SIMPAN DAN ASKSES DATA
Setelah di proses lalu di simpan.Penyimpanan Data Transaksi bisa dengan menggunakan software Ms. Access karena cukup umum dan mudah untuk di akses kembali.
4. HASIL DAN KIRIM OUTPUT
Lalu hasilnya di berupa nota pembayaran/struk biaya peminjaman ataupun denda pada saat pengembalian dan diberikan kepada pelanggan.
3.6 Input blok
1. METODE
Penginputan data dilakukan dengan cara memasukkan data secara manual ke komputer yaitu Nomor member pelanggan/Identitas pelanggan berdasarkan kartu identitas yang ada untuk di lihat data informasi identitas selengkapnya dan melihat jumlah dan judul VCD/DVD yang disewa, serta biaya sewa dan denda yang dikenakan.
2. MEDIA INPUT
- Komputer
- Keyboard
- Mouse
- Numeric Keyboard
3.7 Output blok
1. DOCUMENT OUTPUT
Document outputnya berupa struk tanda bukti pembayaran biaya sewa VCD/denda.
2. INFORMASI BERKUALITAS
Akurasi penghitungan biaya sewa dan kebenaran data yang relevan.
3.8 Kendali blok
1. OPERASIONAL SISTEM
- Inputkan Nomor member pelanggan
- Program langsung secara otomatis memperlihatkan identitas pelanggan
- Pada proses pembayaran hasilnya langsung disambungkan ke printer untuk di print out.
- Bukti struk pembayaran(peminjaman/pengembalian) sudah tercetak.
2. CEGAH DAN TANGANI KESALAHAN DAN KEGAGALAN SISTEM
- Melakukukan pelatihan pada petugas counter.
- Pengecekan program dan system secara berkala.
3.9 Database blok
1. HARDWARE
- Komputer (Komputer di counter peminjaman atau pengembalian)
2. DATA
Data yang disimpan berupa :
- Data pelanggan
- Data jumlah dan judul VCD/DVD yang dipinjam
- Data biaya peminjaman atau denda pengembalian
3. SOFTWARE
- Database Ms. Access (Komputer client di counter peminjaman atau pengembalian)
- Database Ms. Access dan SQL Server (Komputer server)
3.10 Perangkat sistem informasi
1. HARDWARE : Komputer dan printer
2. SOFTWARE
a. OPERATING SYSTEM : Windows xp atau windows 7
b. APLIKASI : Ms.Office, Ms. Access, SQL Server
c. UTILITY : anti virus, calculator.
d. BAHASA PEMROGRAMAN : disesuaikan
3. BRAINWARE :
a. CLERICAL PERSONNEL
o Petugas Counter peminjaman atau pengembalian
b. FIRST LEVEL MANAGER
o Ketua atau Manager di setiap counter
c. STAFF SPECIALIST
o System Analist
o Teknisi komputer dan jaringan
o Programmer
o Administrasi dan Keuangan
4. DATA : Nomor Member Pelanggan/Identitas pelanggan, Jumlah dan Judul VCD/DVD yang dipinjam , Struk pembayaran peminjaman/denda pengembalian
5. PROSEDUR : Ketentuan Peminjaman dan Pengembalian yang berlaku.
3.11 Struktur Organisasi
Gambar
Struktur Organisasi Micro
Rental VCD
3.11 Event list
1. Pengolahan Data Customer
1.1 Entri data Customer
1.2 Cari data Customer
1.3 Edit data Customer
1.4 Hapus data Customer
2. Pengolahan Data Barang (VCD/DVD)
2.1 Cari data Barang (VCD/DVD)
2.2 Entri data Barang (VCD/DVD)
2.3 Cari data Barang (VCD/DVD)
2.4 Edit data Barang (VCD/DVD)
2.5 Simpan data Barang (VCD/DVD)
2.6 Cetak data Barang (VCD/DVD)
3. Laporan
3.1 Laporan data Customer
3.2 Laporan data Transaksi (struk)
3.12 Context Diagram
Context diagram atau disebut juga DFD level 0 adalah diagram level tertinggi dari DFD yang menggambarkan hubungan sistem dengan lingkungan luarnya dan tidak mengandung data store.
Gambar
Context Diagram
Pengolahan Informasi
Pengolahan Data customer
Pengolahan Data Barang / VCD
Pengolahan data Laporan
3.13 Implementasi Program / Lay Out
Implementasi data adalah bentuk semua form-form yang terdapat pada system aplikasi pengolahan data penyaluran Tenaga Kerja Indonesia ke Luar Negri PT.Mitra Sinergi Sukses dengan menggunakan bahasa Pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0.
1. Form Login
Form ini berfungsi sebagai menu untuk membuka form dan digunakan untuk masuk kedalam program utama
Gambar
Form Login
2 Form Pendaftaran customer
Kegunaan dari form ini adalah untuk memasukan semua data dari customer
Gambar
Form Customer
Keterangan Gambar Form Pendaftaran ;
a) Tombol Add = Untuk menambahkan data
b) Tombol Save = Untuk menyimpan
c) Tombol Edit = Untuk mengubah data yang sudah ada
d) Tombol Delete = Untuk menghapus data yang sudah ada
e) Tombol Cancel = untuk membatalkan perintah
3 Form Barang
`Kegunaan dari form ini adalah untuk mendata seluruh barang / VCD.
Gambar
Form Barang / VCD
Keterangan Gambar Form Barang / VCD
a) Tombol Add = Untuk menambahkan data
b) Tombol Save = Untuk menyimpan
c) Tombol Edit = Untuk mengubah data yang sudah ada
d) Tombol Delete = Untuk menghapus data yang sudah ada
e) Tombol Cancel = untuk membatalkan perintah
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Dari uraian pembahasan sebelumnya, maka makalah ini dapat ditarik kesimpulan, antara lain :
1. Manajemen Sistem Informasi Pembayaran pada transaksi peminjaman atau pengembalian pada VCD/DVD Rental sangat diperlukan untuk mempermudah proses pembayaran biaya sewa/denda.
2. Dengan adanya sistem ini,diharapkan dapat meminimalkan kesalahan dalam hal transaksi peminjaman dan pengembalian serta manajemen VCD/DVD yang lebih efektif dan efiesien.
4.2 Saran
1. Pihak Pengelola VCD/DVD Rental lebih memperhatikan setiap keluhan pelanggan.
broo, kalo bisa tolong ditampilkan gambar data2 dari makalahnya dong ....
BalasHapuskalo bisa secepatnya ya
makasih ..